Saturday, January 8, 2011

CIRI TANAH POTENSIAL

TINGKAT KESUBURAN TINGGI

Tanah yang subur adalah tanah yang banyak mengandung mineral untuk kebutuhan hidup tanaman. Hal ini sangat bergantung pada jenis tanaman yang diusahakan, seperti:
  • tanaman biji-bijian membutuhkan mineral fosfor (P)
  • tanaman sayuran membutuhkan zat lemas (N)
  • tanaman umbi-umbian membutuhkan mineral alkali (Na, K)
Jadi agar lahan dapat berproduksi secara optimal, harus disesuaikan antara jenis mineral yang dikandung tanah dengan jenis tanaman yang akan diusahakan. Hal ini penting juga untuk menyesuaikan jenis pupuk yang akan dipakai pada tanaman tertentu. 

Tanah yang kaya akan humus biasanya mempunyai tingkat kesuburan yang baik. Tanah humus adalah tanah yang telah bercampur dengan daun dan ranting pohon yang telah membusuk. Tanah humus dapat dijumpai di daerah yang tumbuhannya lebat. 


MEMILIKI SIFAT FISIS YANG BAIK

Tanah yang memiliki sifat fisis baik adalah tanah yang daya serap air dan sirkulasi udara di dalam tanahnya cukup baik. Sifat ini ditunjukkan oleh tekstur dan struktur tanahnya.

Partikel utama pembentuk tanah adalah:
  • pasir (diameter 0,053 - 2 mm)
  • lanau atau debu (diameter 0,002 - 0,0053 mm)
  • lempung atau tanah liat (diameter < 0,002 mm)
Tekstur tanah adalah sifat fisis tanah yang berkaitan dengan ukuran partikel pembentuk tanah.Tekstur tanah ini berpengaruh terhadap daya serap dan tampung air. Tanah dikatakan bertekstur halus apabila sebagian besar partikel utamanya adalah lempung, dan bertekstur kasar apabila sebagian besar partikel utamanya adalah pasir.Tanah bertekstur halus mudah menampung air tetapi daya serapnya kecil, demikian pula sebaliknya.

Tekstur tanah yang ideal untuk pertanian adalah jenis tanah yang geluh, yaitu tanah yang lekat. Tekstur tanah geluh terdiri dari:
  1. Tanah lanau : 20% lempung, 30 - 50% lanau dan 30 - 50% pasir
  2. Tanah lanau berpasir : 20 - 50% lanau/lempung dan 50 - 80% pasir
Struktur tanah adalah sifat fisis tanah yang dikaitkan dengan cara partikel-partikel tanah berkelompok. Struktur tanah ini berpengaruh terhadap pengaliran air (permeabilitas) dan sirkulasi udara di dalam tanah.


BELUM TERJADI EROSI

Terjadinya erosi pada tanah akan menyebabkan berubahnya tanah potensial menjadi tanah kritis. Tanah yang telah mengalami erosi, tingkat kesuburannya berkurang, sehingga kurang baik untuk pertumbuhan tanaman. Erosi mengakibatkan lapisan tanah yang paling atas terkelupas. Sisanya tinggal tanah yang tandus, bahkan sering merupakan batuan yang keras (padas).

Proses erosi yang kuat sering dijumpai di daerah pantai akibat abrasi (pengkikisan oleh gelombang laut) dan di daerah pegunungan dengan lereng terjal serta miskin tumbuhan. Erosi di pegunungan akibat adanya longsor dan soil creep (tanah merayap).

MEMILIKI RELIEF YANG TIDAK CURAM

Relief adalah perbedaan tinggi atau bentuk wilayah suatu daerah, termasuk tingkat kecuraman dan bentuk lereng didalamnya.

Relief mempengaruhi kesuburan tanah dalam hal:
  1. Jumlah air hujan yang diresap atau disimpan oleh tanah, dimana semakin curam semakin sedikit resapan dan simpanan air.
  2. Besarnya erosi, dimana semakin curam semakin besar erosinya.
Cara menghitung kemiringan lereng pada suatu medan adalah dengan cara (tinggi lereng : panjang lereng) x 100%.

Klasifikasi lereng:
  • Datar : lereng < 8%
  • Landai : lereng 8 - 15%
  • Agak Curam : 15 - 26%
  • Curam : 26 - 40%
  • Sangat Curam : > 40%
Tanah yang potensial adalah tanah yang termasuk dalam klasifikasi landai atau datar.

1 comment:

  1. NJ Sports Betting: BetMGM App, Bonus Code & Review (December 2021)
    › betmgm › betmgm Here are all the states where legal sports betting 진주 출장마사지 is legal — Maine (MI) — Colorado (MI) — Illinois (MI) — 춘천 출장샵 Indiana 의왕 출장마사지 (IL) — Indiana 세종특별자치 출장샵 (IL) — 원주 출장마사지 Iowa (IL)

    ReplyDelete